Kue Lapis Simbol Rejeki Berlapis Lapis Katanya Orang!!!

Kue Lapis Simbol Rejeki Berlapis Lapis Katanya Orang!!!

Kue lapis termasuk dalam kategori kue basah atau jajan pasar. Kue yang bisa disebut sebagai salah satu penganan favorit ini tampilannya berlapis-lapis dengan aneka warna yang terlihat sangat menarik.

Kue tradisional ini merupakan salah satu jajanan pasar atau jenis makanan tradisional yang banyak digemari. Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah yang sangat enak.

Selain memiliki rasa yang manis, kue basah ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal. Kue lapis adalah kue yang banyak dijumpai dipasaran terutama pasar tradisional dan toko kue.

Kue ini memiliki warna-warni yang menarik sehingga dapat membuat anak menjadi suka. Tidak hanya untuk anak-anak, karena kue ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun bagi yang menyukainya.

Kue tradisional ini masih sangat kental dengan kebudayaan tertentu, terutama di daerah Bali. Kue ini sering hadir dalam upacara budaya maupun upacara resmi seperti acara pernikahan adat dan acara semi resmi maupun dalam snack box

Bentuknya yang berlapis membuat kue ini dianggap sebagai simbol kemakmuran yang diharapkan terjadi secara berlapis. Dengan menyantap lapis legit saat tahun baru sama saja berdoa dan berharap agar mendapat banyak keuntungan

Prosesnya yang bertahap membuat lapisan kue dianggap sebagai langkah demi langkah perjalanan hidup. Meskipun sulit dan membutuhkan waktu lama, tapi kue yang dihasilkan rasanya enak. Inilah perumpamaan hidup yang menggambarkan setiap ada usaha pasti ada hasilnya.

Cara Membuat Kue Lapis

Cara membuat kue lapis dan spekkoek hampir sama. Perbedaannya, cara memasak kue lapis perlu dikukus lalu dipanggang, sedangkan membuat lapis legit cukup dipanggang saja.

Setiap lapisan dipanggang atau dikukus dengan cermat selama 5 hingga 12 menit sebelum adonan berikutnya dituangkan ke atas lapisan pertama dan seterusnya untuk membentuk tampilan yang berlapis-lapis.

Meskipun kue ini dibentuk dengan menyatukan lapisan adonan, hasil akhirnya tidak boleh lengket seperti permen karet yang menempel jika dipegang atau pada gigi paad sat dikunyah. Lapisan-lapisan kue lapis seharunya bisa dikelupas atau dipisahkan dengan mudah.

Nah, dibaawh ini kamu akan mengikuti cara membuat kue lapis. Sebelumnya membuatnya, persiapkan bahan-bahan yang tertulis di bawah ini.

Bahan Membuat Kue Lapis

  • 200 gram tepung beras,
  • 100 gram tepung kanji,
  • 3/4 ml santan kental,
  • ¼ sendok teh garam halus,
  • 2 lembar daun pandan,
  • ¼ kilogram gula
  • pewarna makanan (merah, kuning dan hijau) – sesuai kebutuhan

Cara Membuat Kue Lapis

  1. Persiapkan santan, gula, garam dan daun pandan.
  2. Rebus hingga mendidih dan gulanya larut, aduk perlahan, lalu angkat.
  3. Selanjutnya, rebusan tersebut disaring dan disisihkan.
  4. Pada mangkuk yang lain, campur tepung beras dan tepung kanji lalu tuangkan santan mendidih sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi halus dan licin.
  5. Kemudian pisahkan adonan menjadi 2 atau 3 bagian sesuai dengan jumlah pewarna yang telah disiapkan.
  6. Masukkan pewarna makanan dan aduk rata.
  7. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak, lalu tuang adonan terlebih dahulu dan kukus selama 10 menit sampai adonan mengeras.
  8. Ulangi proses di atas sampai adonan habis.
  9. Dalam pengukus terakhir, kukus selama 30 menit, angkat dari api dan biarkan lapisan kue lapis dingin.
error: